RPP Unbestimte Artikel

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

BAHASA JERMAN

 

Nama Sekolah             : SMAN N 1 SEWON

Mata Pelajaran             : Bahasa Jerman

Pokok Bahasan             : Grammatik

Sub Pokok Bahasan     : Monate und Jahreszeiten

Kelas/Semester             : X/ ganjil

Alokasi Waktu             : 1 pertemuan

Pertemuan                    : 14

Guru                            : Riska Dewinta

 

A.     Kompetensi  Inti

                                 1.         Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak  secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.     Kompetensi Dasar

  1.         Memahami sebuah teks dengan memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks sesuai konteks penggunaanya.

          2.         Mengamati paparan  Unbestimmte Artikel

 

C.     Indikator keberhasilan

 

                1.         Peserta didik dapat mengenal unbestimmte Artikel dan menggunakannya sesuai konteks

D.     Materi pembelajaran

·         Buku Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch,

·                

E.      pendekatan/model/teknik pembelajaran

·         pendekatan saintifik

 

F.      Kegiatan pembelajaran

 

Kegiatan pendahuluan

waktu

Guru

                1.   Orientasi

-          Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen

-          Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada peserta didik

-          Mempresensi seluruh peserta didik.

 

             2.         Apersepsi

 

-          Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“

-          Guru menyampaikan materri yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu materi dengan tema „Unbestimmte artikel

-          Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi pada pertemuan  pada hari tersebut.

-          Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran

 

 

 

 

 

5 menit

 

 

 

   

 

Kegiatan inti

Waktu

·         Mengamati

Guru mengajak siswa secara bersama-sama mengamati materi melalui kertas atau tayangan yang ditampilkan. mengenai tema “Unbestimmte Artikel

·         Mengumpulkan informasi

Guru memberikan penjelasan terkait tema „Unbestimmte Artikel„ 

·         Mengolah informasi

Guru memberikan latihan

.

 

 

 

 

 

 

 30 menit

Kegiatan penutup

Waktu

           1.       Guru mengajak siswa  untuk menyimpulkan secara bersama-sama tentang materi yang telah dipelajari yaitu  Unbestimmte Artikel”.

           2.       Guru memberikan tugas pekerjaan rumah kepada siswa

           3.       Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi „negationsartikel

           4.       Guru menutup pelajaran dengan dengan salam „Aufwiedersehen

 

 

 

 

10 menit

 

 

G.     Alat/media pembelajaran/sumber belajar

Alat/media

         Kertas materi

         Lcd, laptop.

 

Sumber belajar

         Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch

         

 

H.     Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi

1)      Penilaian Pengetahuan

Rumus penilaian :

0-Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)

2)      Penilaian Sikap

Indikator:

1.      Menunjukkan perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.

2.      Menunjukkan perilaku santun pada saat proses pembelajaran.

Skor untuk setiap aspek yang diamati:

1          jika  berperilaku kurang  percaya diri dan atau kurang santun

2          jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun

3          jika  berperilaku percaya diri  dan atau santun

4          jika  berperilaku sangat percaya diri  dan atau sangat santun

 

No.

Nama Peserta didik

Percaya Diri

Santun

Jumlah Skor

1

2

3

4

1

2

3

4

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian sikap dilaksanakan dengan observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:

 NILAI = JUMLAH PEROLEHAN SKOR  X 100

                                         4   

 dengan predikat:           

PREDIKAT

NILAI

Sangat  Baik ( SB)

 80 ≤ AB ≤ 100

Baik (B)

70 ≤ B ≤ 79

Cukup (C)

 60 ≤ C  ≤ 69

Kurang (K)

<60

 

 

Mengetahui                                                          Yogyakarta,

Dosen Pendamping Lapangan                                                     Guru Praktik

,

Prof. Dr. Drs. Sulis Triyono, M.Pd                                              Riska Dewinta

NIP.  195805061986011001                                                        NIM. 17203241004

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Hobi dalam bahasa jerman

materi kojugasi kata kerja dan personalpronomen im nominativ

Präteritum