RPP E-mail
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JERMAN
Nama
Sekolah
: SMAN N 1 SEWON
Mata
Pelajaran :
Bahasa Jerman
Pokok Bahasan
: schreiben
Sub Pokok Bahasan : E-mail
Kelas/Semester
: X/ ganjil
Alokasi Waktu
: 1 pertemuan
Pertemuan :
24
Guru
:
Riska Dewinta
A.
Kompetensi Inti
1. Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1. Memahami sebuah teks dengan
memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks sesuai konteks
penggunaanya.
2. membuat e-mail secara sederhana
C.
Indikator keberhasilan
1. Peserta didik dapat menulis e-mail
secara sederhana.
D.
Materi pembelajaran
· Buku
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
E.
pendekatan/model/teknik pembelajaran
· pendekatan
saintifik
F. Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan pendahuluan |
Waktu |
Guru
1. Orientasi -
Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen“ -
Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada
peserta didik -
Mempresensi seluruh peserta didik.
2. Apersepsi -
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di
pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah
kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“ -
Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu
materi dengan tema „email schreiben“ -
Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran |
5 menit |
Kegiatan inti |
Waktu |
· Mengamati Guru mengajak siswa untuk melihat beberapa email sederhana. · Mengumpulkan informasi Siswa diminta untuk mengumpulkan
komponen apasaja yang diperlukan saat menulis sebuah email · Mengolah informasi Siswa diminta untuk membuat email
secara sederhana |
30 menit |
Kegiatan penutup |
Waktu |
1.
Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan secara bersama-sama tentang
materi yang telah dipelajari yaitu „e-mail sederhana ”. 3.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu
materi „e-mail schreiben“
4. Guru menutup pelajaran dengan dengan
salam „Aufwiedersehen“ |
10 menit |
G. Alat/media
pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
Kertas materi
Lcd, laptop.
Sumber belajar
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
H. Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi
1) Penilaian Pengetahuan
Rumus penilaian :
Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)
2) Penilaian Sikap
Indikator:
1. Menunjukkan perilaku penuh
percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2.
Menunjukkan perilaku santun pada saat proses pembelajaran.
Skor untuk setiap aspek yang diamati:
1
jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2
jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3
jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4
jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
No. |
Nama Peserta didik |
Percaya Diri |
Santun |
Jumlah Skor |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian sikap dilaksanakan dengan
observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH
PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan
predikat:
PREDIKAT |
NILAI |
Sangat Baik ( SB) |
80 ≤ AB ≤ 100 |
Baik (B) |
70 ≤ B ≤ 79 |
Cukup (C) |
60 ≤ C ≤ 69 |
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui
Yogyakarta,
Dosen Pendamping Lapangan
Guru Praktik
Prof. Dr. Drs. Sulis Triyono,
M.Pd Riska
Dewinta
NIP. 195805061986011001
NIM. 17203241004
Komentar
Posting Komentar