RPP BESTIMMTE ARTIKEL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JERMAN
Nama
Sekolah
: SMAN N 1 SEWON
Mata
Pelajaran
: Bahasa Jerman
Pokok
Bahasan : Grammatik
Sub Pokok
Bahasan : Bestimmte Artikel
Kelas/Semester
: X
Alokasi
Waktu :
1 pertemuan
Pertemuan
: 10
Guru
: Riska Dewinta
A. Kompetensi
Inti
1. Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami sebuah teks dengan
memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks sesuai konteks
penggunaanya.
2. Mengamati paparan tentang bestimmte Artikel
C. Indikator keberhasilan
1. Peserta didik dapat mengenal
bestimmte Artikel
D. Materi
pembelajaran
·
Buku Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
·
https://youtu.be/hWIS9QmvjqE
E. pendekatan/model/teknik pembelajaran
· pendekatan
saintifik
F. Kegiatan pembelajaran
|
Kegiatan pendahuluan |
waktu |
|
Guru
1. Orientasi -
Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen“ -
Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada peserta
didik -
Mempresensi seluruh peserta didik.
2. Apersepsi -
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di
pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah
kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“ -
Guru menyampaikan materri yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu
materi dengan tema „Bestimmte Artikel“ -
Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi pada pertemuan pada
hari tersebut. -
Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran |
5 menit |
|
Kegiatan inti |
Waktu |
|
Mengamati Guru mengajak siswa secara bersama-sama mengamati materi melalui kertas
atau tayangan yang ditampilkan. mengenai tema “bestimmte Artikel“
Mengumpulkan informasi Guru memberikan penjelasan terkait tema „bestimmte artikel „
Mengolah informasi ·
Guru memberikan soal latihan sederhana terkait tema “Bestimmte Artikel“
|
30 menit |
|
Kegiatan penutup |
Waktu |
|
1. Guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan secara bersama-sama tentang materi „bestimmte artikel ”.
2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada siswa
3. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi „mengenal kata kerja sein dan
haben“
4. Guru menutup pelajaran dengan dengan
salam „Aufwiedersehen“ |
10 menit |
G. Alat/media pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
·
Kertas materi
·
Lcd, laptop.
Sumber belajar
·
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
·
https://youtu.be/JvltfZXGH1E
H.
Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi
1)
Penilaian Pengetahuan
Rumus penilaian :
0-Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)
2) Penilaian
Sikap
Indikator:
1. Menunjukkan
perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2. Menunjukkan
perilaku santun pada saat proses pembelajaran.
Skor untuk
setiap aspek yang diamati:
1
jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2
jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3
jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4
jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
|
No. |
Nama Peserta didik |
Percaya Diri |
Santun |
Jumlah Skor |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Penilaian sikap dilaksanakan dengan observasi dan dengan menggunakan rumus
berikut:
NILAI = JUMLAH PEROLEHAN SKOR X
100
4
dengan predikat:
|
PREDIKAT |
NILAI |
|
Sangat Baik ( SB) |
80 ≤ AB ≤ 100 |
|
Baik (B) |
70 ≤ B ≤ 79 |
|
Cukup (C) |
60 ≤ C ≤ 69 |
|
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui
Yogyakarta,
Guru Mata Pelajaran,
Guru Praktik
,
Riska Dewinta
NIP.
NIM. 17203241004
Komentar
Posting Komentar