RPP Der Beruf
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA
JERMAN
Nama
Sekolah : SMAN N 1 SEWON
Mata
Pelajaran : Bahasa Jerman
Pokok
Bahasan : Sprechen
Sub Pokok
Bahasan : Beruf
Kelas/Semester : X
Alokasi Waktu : 1
pertemuan
Pertemuan : 8
Guru :
Riska Dewinta
A. Kompetensi Inti
1.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Memahami sebuah teks dengan memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur
teks sesuai konteks penggunaanya.
2.
Mengamati
paparan lisan maupun tertulis terkait tema
der Beruf
C. Indikator keberhasilan
1.
Peserta
didik dapat memahami makna kata atau kalimat sesuai dengan tema „ der Beruf“
D. Materi
pembelajaran
·
Buku
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
·
https://youtu.be/UE-n8Mu1PpU
·
E.
pendekatan/model/teknik
pembelajaran
·
pendekatan
saintifik
·
metode
demonstrasi
·
latihan
F. Kegiatan pembelajaran
|
Kegiatan
pendahuluan |
waktu |
|
Guru
1. Orientasi -
Melakukan
pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten
Morgen“ -
Menanyakan
kabar dengan tuturan „ wie geht’s es
euch?“ kepada peserta didik -
Mempresensi
seluruh peserta didik.
2.
Apersepsi -
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di
pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah
kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“ -
Guru
menyampaikan materri yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu
materi dengan tema „der Beruf“ -
Guru
mengaitkan materi sebelumnya dengan materi pada pertemuan pada hari tersebut. -
Guru
menyampaikan manfaat dari pembelajaran |
5
menit |
|
Kegiatan
inti |
Waktu |
|
Mengamati Guru mengajak siswa secara bersama-sama
mengamati materi melalui kertas atau tayangan yang ditampilkan. mengenai
tema“der Beruf“ Mengumpulkan
informasi Guru mempraktikkan cara
penyebutan pekerjaan dalam bahasa jerman dengan melibatkan siswa terkait tema
„ der Beruf“ Mengolah
informasi ·
Guru
meminta beberapa siswa untuk maju kedepan untuk mendemonstrasikan jenis
pekerjaan dalam bahasa jerman. ·
Guru
memberikan soal latihan sederhana terkait tma „der Beruf“ Mengomunikasikan informasi ·
Siswa yang tidak maju kedepan menebak demonstrasi
pekerjaan temannya dalam bahasa jerman. |
30 menit |
|
Kegiatan penutup |
Waktu |
|
1.
Guru
mengajak siswa untuk menyimpulkan
secara bersama-sama tentang materi „„ der
Beruf”.
2.
Guru
memberikan tugas pekerjaan rumah kepada siswa
3.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi
„Wochentage“
4.
Guru
menutup pelajaran dengan dengan salam „Aufwiedersehen“ |
10 menit |
G. Alat/media
pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
·
Kertas
materi
·
Lcd,
laptop.
Sumber belajar
·
Netzwerk
Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
·
https://youtu.be/UE-n8Mu1PpU
·
H.
Penilaian
Hasil Belajar / Evaluasi
1)
Penilaian
Pengetahuan
Rumus penilaian :
0-Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)
2)
Penilaian
Sikap
Indikator:
1.
Menunjukkan
perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2.
Menunjukkan
perilaku santun pada saat proses pembelajaran.
Skor
untuk setiap aspek yang diamati:
1 jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2 jika
berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3 jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4 jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
|
No. |
Nama
Peserta didik |
Percaya
Diri |
Santun |
Jumlah
Skor |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Penilaian sikap dilaksanakan
dengan observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan predikat:
|
PREDIKAT |
NILAI |
|
Sangat Baik ( SB) |
80 ≤ AB ≤ 100 |
|
Baik (B) |
70 ≤ B ≤ 79 |
|
Cukup (C) |
60 ≤ C
≤ 69 |
|
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui Yogyakarta,
Guru Mata
Pelajaran, Guru Praktik
,
Riska
Dewinta
NIP. NIM.
17203241004
Komentar
Posting Komentar