RPP Die Wochentage
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JERMAN
Nama Sekolah : SMAN N 1 SEWON
Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Pokok Bahasan : Wortschatz
Sub Pokok Bahasan : Die Wochentage
Kelas/Semester : X
Alokasi Waktu : 1 pertemuan
Pertemuan : 9
Guru : Riska Dewinta
A. Kompetensi Inti
1. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami sebuah teks dengan memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks sesuai konteks penggunaanya.
2. Mengamati paparan lisan maupun tertulis terkait tema Die Wochentage
C. Indikator keberhasilan
1. Peserta didik dapat memahami makna kata atau kalimat sesuai dengan tema „ Die Wochentage“
D. Materi pembelajaran
· Buku Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
· https://youtu.be/JvltfZXGH1E
E. pendekatan/model/teknik pembelajaran
· pendekatan saintifik
F. Kegiatan pembelajaran
|
Kegiatan pendahuluan |
waktu |
|
Guru 1. Orientasi - Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen“ - Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada peserta didik - Mempresensi seluruh peserta didik.
2. Apersepsi
- Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“ - Guru menyampaikan materri yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu materi dengan tema „Wochentage“ - Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi pada pertemuan pada hari tersebut. - Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran
|
5 menit
|
|
Kegiatan inti |
Waktu |
|
Mengamati Guru mengajak siswa secara bersama-sama mengamati materi melalui kertas atau tayangan yang ditampilkan. mengenai tema “Die Wochentage“ Mengumpulkan informasi Guru mempraktikkan cara penyebutan nama-nama hari dalam bahasa jerman dengan melibatkan siswa terkait tema „ die Wochentage“ Mengolah informasi · Guru memberikan soal latihan sederhana terkait tema “die Wochentahe“
|
30 menit |
|
Kegiatan penutup |
Waktu |
|
1. Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan secara bersama-sama tentang materi „„ die Wochentage ”. 2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah kepada siswa 3. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi „Artikel“ 4. Guru menutup pelajaran dengan dengan salam „Aufwiedersehen“ |
10 menit |
G. Alat/media pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
· Kertas materi
· Lcd, laptop.
Sumber belajar
· Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
· https://youtu.be/JvltfZXGH1E
H. Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi
1) Penilaian Pengetahuan
Rumus penilaian :
0-Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)
2) Penilaian Sikap
Indikator:
1. Menunjukkan perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2. Menunjukkan perilaku santun pada saat proses pembelajaran.
Skor untuk setiap aspek yang diamati:
1 jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2 jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3 jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4 jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
|
No. |
Nama Peserta didik |
Percaya Diri |
Santun |
Jumlah Skor |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Penilaian sikap dilaksanakan dengan observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan predikat:
|
PREDIKAT |
NILAI |
|
Sangat Baik ( SB) |
80 ≤ AB ≤ 100 |
|
Baik (B) |
70 ≤ B ≤ 79 |
|
Cukup (C) |
60 ≤ C ≤ 69 |
|
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui Yogyakarta,
Guru Mata Pelajaran, Guru Praktik
,
Riska Dewinta
NIP. NIM. 17203241004
Komentar
Posting Komentar