RPP Monate und Jahreszeiten

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

BAHASA JERMAN

 

Nama Sekolah             : SMAN N 1 SEWON

Mata Pelajaran             : Bahasa Jerman

Pokok Bahasan             : Wortschatz

Sub Pokok Bahasan     : Monate und Jahreszeiten

Kelas/Semester             : X/ ganjil

Alokasi Waktu             : 1 pertemuan

Pertemuan                    : 13

Guru                            : Riska Dewinta

 

A.     Kompetensi  Inti

                                 1.         Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak  secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.     Kompetensi Dasar

                                 1.         Memahami sebuah teks dengan memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks sesuai konteks penggunaanya.

                                 2.         Mengamati paparan  tentang Monate und Jahreszeiten

 

C.     Indikator keberhasilan

 

                                 1.         Peserta didik dapat mengenal Monate und Jahreszeiten

D.     Materi pembelajaran

         Buku Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch,

         

E.      pendekatan/model/teknik pembelajaran

      pendekatan saintifik

·         Metode Diskusi

 

F.      Kegiatan pembelajaran

 

Kegiatan pendahuluan

waktu

Guru

                1.   Orientasi

-          Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen

-          Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada peserta didik

-          Mempresensi seluruh peserta didik.

 

             2.         Apersepsi

 

-          Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“

-          Guru menyampaikan materri yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu materi dengan tema „Monate und Jahreszeiten

-          Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi pada pertemuan  pada hari tersebut.

-          Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran

 

 

 

 

 

5 menit

 

 

 

   

 

Kegiatan inti

Waktu

·         Mengamati

Guru mengajak siswa secara bersama-sama mengamati materi melalui kertas atau tayangan yang ditampilkan. mengenai tema “Monate und Jahreszeiten

·         Mengumpulkan informasi

Guru memberikan penjelasan terkait tema „Monate und Jahreszeiten„ 

·         Mengolah informasi

Guru memberikan latihan dengan  membagi kelompok kecil dan memberikan perintah untuk membuat hal-hal apa saja yang dapat dilakukan pada suatu musim tertentu   

·         Mengasosiasi

Guru meminta salah sau anggota kelompok untuk maju dan memaparkan hasil kerja dengan kelompoknya.

 

 

 

 

 

 

 30 menit

Kegiatan penutup

Waktu

           1.       Guru mengajak siswa  untuk menyimpulkan secara bersama-sama tentang materi yang telah dipelajari yaitu  Monate und Jahreszeiten”.

           2.       Guru memberikan tugas pekerjaan rumah kepada siswa

           3.       Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi „mengenal kata kerja Unbestimmte Artikel

           4.       Guru menutup pelajaran dengan dengan salam „Aufwiedersehen

 

 

 

 

10 menit

 

 

G.     Alat/media pembelajaran/sumber belajar

Alat/media

         Kertas materi

         Lcd, laptop.

 

Sumber belajar

         Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch

         

 

H.     Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi

1)      Penilaian Pengetahuan

Rumus penilaian :

0-Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)

2)      Penilaian Sikap

Indikator:

1.      Menunjukkan perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.

2.      Menunjukkan perilaku santun pada saat proses pembelajaran.

Skor untuk setiap aspek yang diamati:

1          jika  berperilaku kurang  percaya diri dan atau kurang santun

2          jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun

3          jika  berperilaku percaya diri  dan atau santun

4          jika  berperilaku sangat percaya diri  dan atau sangat santun

 

No.

Nama Peserta didik

Percaya Diri

Santun

Jumlah Skor

1

2

3

4

1

2

3

4

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian sikap dilaksanakan dengan observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:

 NILAI = JUMLAH PEROLEHAN SKOR  X 100

                                         4   

 dengan predikat:           

PREDIKAT

NILAI

Sangat  Baik ( SB)

 80 ≤ AB ≤ 100

Baik (B)

70 ≤ B ≤ 79

Cukup (C)

 60 ≤ C  ≤ 69

Kurang (K)

<60

 

 

Mengetahui                                                          Yogyakarta,

Dosen Pendamping Lapangan                                                     Guru Praktik

,

Prof. Dr. Drs. Sulis Triyono, M.Pd                                              Riska Dewinta

NIP.  195805061986011001                                                        NIM. 17203241004

Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-mail schreiben

memperkenalkan diri dan orang lain dalam bahasa jerman

mengenal pekerjaan dalam bahasa jerman