RPP Sein dan Haben
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
BAHASA
JERMAN
Nama
Sekolah
: SMAN N 1 SEWON
Mata
Pelajaran
: Bahasa Jerman
Pokok Bahasan
: Grammatik
Sub Pokok Bahasan
: Sein und Haben
Kelas/Semester
: X
Alokasi Waktu
: 1 pertemuan
Pertemuan
: 11
Guru
: Riska Dewinta
A. Kompetensi
Inti
1. Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami sebuah teks dengan
memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks sesuai konteks
penggunaanya.
2. Mengamati materi terkait
kata kerja sein dan haben
C. Indikator
keberhasilan
1. Peserta didik dapat
mengenal cara penggunaan sein
dan haben serta cara mengkonjugasikannya
D. Materi
pembelajaran
Buku Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch,
E.
pendekatan/model/teknik pembelajaran
pendekatan
saintifik
F. Kegiatan
pembelajaran
|
Kegiatan pendahuluan |
waktu |
|
Guru
1. Orientasi - Melakukan
pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen“ - Menanyakan kabar
dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada peserta didik - Mempresensi
seluruh peserta didik.
2. Apersepsi - Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di pelajari pada
pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah kalian masih ingat
pelajaran pertemuan sebelumnya?“ - Guru menyampaikan
materri yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu materi dengan
tema „verba sein dan haben“ - Guru mengaitkan
materi sebelumnya dengan materi pada pertemuan pada hari tersebut. - Guru menyampaikan
manfaat dari pembelajaran pada pertemuan saat itu |
5 menit |
|
Kegiatan inti |
Waktu |
|
Mengamati Guru mengajak siswa secara bersama-sama mengamati materiyang diberikan
melalui kertas . mengenai tema “verba sein dan haben“
Mengumpulkan informasi Guru memberikan penjelasan terkait tema „verba sein dan haben„ melalui
papan tulis
Mengolah informasi Guru memberikan soal
latihan sederhana terkait tema “verba sein dan haben“
|
30 menit |
|
Kegiatan penutup |
Waktu |
|
1. Guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan secara bersama-sama tentang materi „sein dan haben ”.
2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada siswa
3. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi „mengenal kata kerja zahlen 20-50“
4. Guru menutup pelajaran dengan dengan salam
„Aufwiedersehen“ |
10 menit |
G. Alat/media
pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
·
Kertas materi
·
Lcd, laptop.
·
Papan tulis
Sumber
belajar
·
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1
Kursbuch
H.
Penilaian Hasil
Belajar / Evaluasi
1)
Penilaian Pengetahuan
Rumus penilaian :
0-Jumlah skor benar x
4 = …(nilai)
2)
Penilaian Sikap
Indikator:
1.
Menunjukkan perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2. Menunjukkan perilaku
santun pada saat proses pembelajaran.
Skor
untuk setiap aspek yang diamati:
1
jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2
jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3
jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4
jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
|
No. |
Nama Peserta
didik |
Percaya Diri |
Santun |
Jumlah Skor |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Penilaian
sikap dilaksanakan dengan observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH
PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan
predikat:
|
PREDIKAT |
NILAI |
|
Sangat Baik ( SB) |
80 ≤ AB ≤ 100 |
|
Baik (B) |
70 ≤ B ≤ 79 |
|
Cukup (C) |
60 ≤ C ≤ 69 |
|
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui
Yogyakarta,
Guru Mata Pelajaran,
Guru Praktik
,
Riska Dewinta
NIP. NIM.
17203241004
Komentar
Posting Komentar