RPP Zahlen 20-50
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JERMAN
Nama Sekolah : SMAN N 1 SEWON
Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Pokok Bahasan : Wortschatz
Sub Pokok Bahasan : Bestimmte Artikel
Kelas/Semester : X
Alokasi Waktu : 1 pertemuan
Pertemuan : 12
Guru : Riska Dewinta
A. Kompetensi Inti
1. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami sebuah teks dengan memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks sesuai konteks penggunaanya.
2. Mengamati paparan tentang Zahlen 20-50
C. Indikator keberhasilan
1. Peserta didik dapat mengenal Zahlen 20-50
D. Materi pembelajaran
• Buku Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch,
• https://youtu.be/AavJmaAqIyU
E. pendekatan/model/teknik pembelajaran
• pendekatan saintifik
F. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pendahuluan waktu
Guru
1. Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen“
- Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada peserta didik
- Mempresensi seluruh peserta didik.
2. Apersepsi
- Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“
- Guru menyampaikan materri yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu materi dengan tema „Zahlen 20-50“
- Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi pada pertemuan pada hari tersebut.
- Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran
5 menit
Kegiatan inti Waktu
Mengamati
Guru mengajak siswa secara bersama-sama mengamati materi melalui kertas atau tayangan yang ditampilkan. mengenai tema “zahlen 20-50“
Mengumpulkan informasi
Guru memberikan penjelasan terkait tema „zahlen 20-50„
Mengolah informasi
• Guru memberikan soal latihan sederhana terkait tema “zahlen 20-50“
30 menit
Kegiatan penutup Waktu
1. Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan secara bersama-sama tentang materi „bestimmte artikel ”.
2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah kepada siswa
3. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi „mengenal kata kerja Monate dan jahreszeiten“
4. Guru menutup pelajaran dengan dengan salam „Aufwiedersehen“
10 menit
G. Alat/media pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
• Kertas materi
• Lcd, laptop.
Sumber belajar
• Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
• https://youtu.be/AavJmaAqIyU
H. Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi
1) Penilaian Pengetahuan
Rumus penilaian :
0-Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)
2) Penilaian Sikap
Indikator:
1. Menunjukkan perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2. Menunjukkan perilaku santun pada saat proses pembelajaran.
Skor untuk setiap aspek yang diamati:
1 jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2 jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3 jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4 jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
No. Nama Peserta didik Percaya Diri Santun Jumlah Skor
1 2 3 4 1 2 3 4
1.
2.
3.
4.
5.
Penilaian sikap dilaksanakan dengan observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan predikat:
PREDIKAT NILAI
Sangat Baik ( SB) 80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B) 70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C) 60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K) <60
Mengetahui Yogyakarta,
Guru Mata Pelajaran, Guru Praktik
,
Riska Dewinta
NIP. NIM. 17203241004
Komentar
Posting Komentar