RPP Information verstehen
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA
JERMAN
Nama
Sekolah
: SMAN N 1 SEWON
Mata
Pelajaran :
Bahasa Jerman
Pokok
Bahasan : lesen
Sub Pokok
Bahasan : Information verstehen
Kelas/Semester
: X/ ganjil
Alokasi Waktu
: 1 pertemuan
Pertemuan
: 23
Guru
:
Riska Dewinta
A. Kompetensi Inti
1. Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami sebuah teks dengan
memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks sesuai konteks
penggunaanya.
2. memahami informasi yang tertulis
C. Indikator keberhasilan
1. Peserta didik dapat memahami
informasi yang tertulis
D. Materi pembelajaran
· Buku
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch,
· Kontakte
Deutsch 1
E.
pendekatan/model/teknik pembelajaran
· pendekatan
saintifik
F.
Kegiatan pembelajaran
|
Kegiatan
pendahuluan |
Waktu |
|
Guru
1. Orientasi -
Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten
Morgen“ -
Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada
peserta didik -
Mempresensi seluruh peserta didik.
2. Apersepsi -
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di
pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah
kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“ -
Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu
materi dengan tema „information verstehen“ -
Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran |
5 menit |
|
Kegiatan
inti |
Waktu |
|
· Mengamati Guru
mengajak siswa untuk memahami informasi yang terdapat pada sebuah tulisan · Mengumpulkan
informasi Guru mengajak
siswa untuk mengumpulkan informasi yang terapat pada sebuah tulisan · Mengolah
informasi Guru meminta
siswa untuk mengerjakan latihan dengan mencari informasi baik dari koran,
internet atau media informasi lainnya. |
30 menit |
|
Kegiatan penutup |
Waktu |
|
1. Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan
secara bersama-sama tentang materi yang telah dipelajari yaitu „information versetehen ”.
2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada siswa
3. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi „e-mail
schreiben“
4. Guru menutup pelajaran dengan dengan
salam „Aufwiedersehen“ |
10 menit |
G.
Alat/media pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
Kertas materi
Lcd, laptop.
Sumber
belajar
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
kontakte Deutsch 1
H.
Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi
1)
Penilaian Pengetahuan
Rumus penilaian :
Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)
2)
Penilaian Sikap
Indikator:
1. Menunjukkan
perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2. Menunjukkan
perilaku santun pada saat proses pembelajaran.
Skor untuk
setiap aspek yang diamati:
1
jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2
jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3
jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4
jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
|
No. |
Nama
Peserta didik |
Percaya
Diri |
Santun |
Jumlah
Skor |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Penilaian
sikap dilaksanakan dengan observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH
PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan
predikat:
|
PREDIKAT |
NILAI |
|
Sangat
Baik ( SB) |
80 ≤
AB ≤ 100 |
|
Baik (B) |
70 ≤ B ≤
79 |
|
Cukup (C) |
60 ≤
C ≤ 69 |
|
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui
Yogyakarta,
Dosen
Pendamping Lapangan
Guru Praktik
Prof. Dr. Drs. Sulis Triyono,
M.Pd Riska Dewinta
NIP. 195805061986011001
NIM. 17203241004
Komentar
Posting Komentar