RPP SPRECHEN MAHLZEITEN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
BAHASA
JERMAN
Nama
Sekolah
: SMAN N 1 SEWON
Mata
Pelajaran
: Bahasa Jerman
Pokok Bahasan
: Sprechen
Sub Pokok Bahasan : Mahlzeiten
Kelas/Semester
: X/ ganjil
Alokasi Waktu
: 1 pertemuan
Pertemuan
: 19
Guru
: Riska Dewinta
A. Kompetensi
Inti
1. Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.
Memahami sebuah teks dengan memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks
sesuai konteks penggunaanya.
2. Mengamati paparan tentang
makanan atau Mahlzeiten
C. Indikator
keberhasilan
1. Peserta didik dapat
mengenal mengenal Mahlzeiten
D. Materi
pembelajaran
·
Buku Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1
Kursbuch,
·
https://youtu.be/ppfJIONeAHM
E.
pendekatan/model/teknik pembelajaran
·
pendekatan saintifik
·
model Dialog
F. Kegiatan pembelajaran
|
Kegiatan pendahuluan |
Waktu |
|
Guru
1. Orientasi - Melakukan
pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen“ - Menanyakan kabar
dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada peserta didik - Mempresensi
seluruh peserta didik.
2. Apersepsi - Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di pelajari pada
pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah kalian masih ingat pelajaran
pertemuan sebelumnya?“ - Guru menyampaikan
materri yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu materi dengan
tema „Mahlzeiten“ - Guru mengaitkan
materi sebelumnya dengan materi pada pertemuan pada hari tersebut. - Guru menyampaikan
manfaat dari pembelajaran |
5 menit |
|
Kegiatan inti |
Waktu |
|
·
Mengamati Guru mengajak siswa secara bersama-sama mengamati materi melalui kertas
atau tayangan yang ditampilkan mengenai tema “Mahlzeiten“ ·
Mengumpulkan informasi Guru meminta siswa untuk membuat dialog bersama teman sebangknya. ·
Mengolah informasi Guru meminta beberapa siswa untuk maju
bersama partnernya untuk berdialog didepan siswa yang lain tentang Mahlzeiten |
30 menit |
|
Kegiatan penutup |
Waktu |
|
1. Guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan secara bersama-sama tentang materi yang telah dipelajari
yaitu „Essen ”.
2. Guru memberikan tugas pekerjaan
rumah kepada siswa
3. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu materi „Uhrzeit“
4. Guru menutup pelajaran dengan dengan
salam „Aufwiedersehen“ |
10 menit |
G. Alat/media
pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
Kertas materi
Lcd, laptop.
Sumber
belajar
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
https://youtu.be/ppfJIONeAHM
H. Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi
1)
Penilaian Pengetahuan
Rumus penilaian :
0-Jumlah skor benar x
4 = …(nilai)
2)
Penilaian Sikap
Indikator:
1.
Menunjukkan perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2. Menunjukkan perilaku
santun pada saat proses pembelajaran.
Skor
untuk setiap aspek yang diamati:
1
jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2
jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3
jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4
jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
|
No. |
Nama Peserta
didik |
Percaya Diri |
Santun |
Jumlah Skor |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Penilaian
sikap dilaksanakan dengan observasi dan dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH
PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan
predikat:
|
PREDIKAT |
NILAI |
|
Sangat Baik ( SB) |
80 ≤ AB ≤ 100 |
|
Baik (B) |
70 ≤ B ≤ 79 |
|
Cukup (C) |
60 ≤ C ≤ 69 |
|
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui
Yogyakarta,
Dosen
Pendamping
Lapangan
Guru Praktik
,
Prof. Dr. Drs. Sulis Triyono, M.Pd Riska
Dewinta
NIP. 195805061986011001
NIM.
17203241004
Komentar
Posting Komentar