RPP freizeit aktivitäten
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JERMAN
Nama
Sekolah
: SMAN N 1 SEWON
Mata
Pelajaran :
Bahasa Jerman
Pokok Bahasan
: sprechen
Sub Pokok Bahasan : freizeit aktivitäten
Kelas/Semester
: X/ ganjil
Alokasi
Waktu :
1 pertemuan
Pertemuan :
25
Guru
:
Riska Dewinta
A. Kompetensi
Inti
1. Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.
Memahami sebuah teks dengan memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks
sesuai konteks penggunaanya.
2. memahami bentuk bentuk aktivitas pada masa
senggang
C.
Indikator keberhasilan
1.
Peserta didik dapat menceritakan aktivitas yang
dilakukannya dalam bahasa jerman secara sederhana
D.
Materi pembelajaran
Buku Netzwerk Deutsh
als Fremdesprache A1 Kursbuch
·
https://youtu.be/jBnIPvoiZAs
E.
pendekatan/model/teknik pembelajaran
·
pendekatan saintifik
F. Kegiatan pembelajaran
|
Kegiatan pendahuluan |
Waktu |
|
Guru
1. Orientasi -
Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen“ -
Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie geht’s es euch?“ kepada
peserta didik -
Mempresensi seluruh peserta didik.
2. Apersepsi -
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di
pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah
kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“ -
Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu
materi dengan tema „freizeit aktivitäten“ -
Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran |
5 menit |
|
Kegiatan inti |
Waktu |
|
Mengamati Guru mengajak siswa untuk mengamati tayangan di depan kelas tentang
aktivitas diwaktu luang Mengumpulkan
informasi Siswa diminta untuk membuat percakapan sederhana tentang
aktivitas di masa luang Mengolah
informasi Siswa diminta untuk
bercakap secara berpasangan tentang aktivitas di masa luang. |
30
menit |
|
Kegiatan
penutup |
Waktu |
|
1. Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan secara
bersama-sama tentang materi yang telah dipelajari yaitu „ freizeitaktivitäten“
2.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya yaitu materi „Prateritum“
3.
Guru menutup pelajaran dengan dengan salam „Aufwiedersehen“ |
10
menit |
G. Alat/media
pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
Kertas materi
Lcd,
laptop.
Sumber belajar
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
H.
Penilaian Hasil Belajar / Evaluasi
1)
Penilaian Pengetahuan
Rumus penilaian :
Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)
2)
Penilaian Sikap
Indikator:
1. Menunjukkan perilaku penuh percaya
diri pada saat proses pembelajaran.
2.
Menunjukkan perilaku santun pada saat proses pembelajaran.
Skor untuk setiap aspek yang diamati:
1
jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2
jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3
jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4
jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
|
No. |
Nama Peserta didik |
Percaya Diri |
Santun |
Jumlah Skor |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Penilaian sikap dilaksanakan dengan observasi dan
dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH
PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan predikat:
|
PREDIKAT |
NILAI |
|
Sangat Baik ( SB) |
80 ≤ AB ≤ 100 |
|
Baik (B) |
70 ≤ B ≤ 79 |
|
Cukup (C) |
60 ≤ C ≤ 69 |
|
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui
Yogyakarta,
Dosen Pendamping Lapangan
Guru Praktik
Prof. Dr.
Drs. Sulis Triyono,
M.Pd Riska
Dewinta
NIP. 195805061986011001
NIM. 17203241004
Komentar
Posting Komentar