RPP Präteritum
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JERMAN
Nama
Sekolah
: SMAN N 1 SEWON
Mata
Pelajaran :
Bahasa Jerman
Pokok Bahasan
: Grammatik
Sub Pokok
Bahasan : Präteritum
Kelas/Semester
: X/ ganjil
Alokasi
Waktu :
1 pertemuan
Pertemuan :
26
Guru
:
Riska Dewinta
A.
Kompetensi Inti
1. Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.
Memahami sebuah teks dengan memperhatikan unsur kepribahasaan dan struktur teks
sesuai konteks penggunaanya.
2. memahami bentuk kata
kerja lampau dalam bahasa jerman
C.
Indikator keberhasilan
1.
Peserta didik dapat mengerjakan tugas terkait präteritum
D.
Materi pembelajaran
Buku Netzwerk Deutsh
als Fremdesprache A1 Kursbuch
E.
pendekatan/model/teknik pembelajaran
·
pendekatan saintifik
F. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pendahuluan |
Waktu |
Guru
1. Orientasi -
Melakukan pembukaan dengan memberi salam pembuka „ Guten Morgen“ -
Menanyakan kabar dengan tuturan „ wie
geht’s es euch?“ kepada peserta didik -
Mempresensi seluruh peserta didik.
2. Apersepsi -
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang telah di
pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menanyakan „ anak-anak apakah
kalian masih ingat pelajaran pertemuan sebelumnya?“ -
Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan tersebut yaitu
materi dengan tema „Präteritum“ -
Guru menyampaikan manfaat dari pembelajaran |
5 menit |
Kegiatan inti |
Waktu |
Mengamati Guru mengajak siswa untuk memperhatikan
penjelasan tentang Präteritum Mengumpulkan
informasi Peserta didik memberikan contoh kalimat dalam
bentuk Präteritum Mengolah informasi Siswa diminta untuk mengerjakan tugas latihan
terkait tema Präteritum |
30 menit |
Kegiatan
penutup |
Waktu |
1. Guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan secara bersama-sama tentang materi yang telah dipelajari
yaitu „ Präteritum“
2.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
pada pertemuan selanjutnya.
3.
Guru menutup pelajaran dengan dengan salam „Aufwiedersehen“ |
10
menit |
G. Alat/media
pembelajaran/sumber belajar
Alat/media
Kertas materi
Lcd,
laptop.
Sumber belajar
Netzwerk Deutsh als Fremdesprache A1 Kursbuch
H. Penilaian Hasil
Belajar / Evaluasi
1) Penilaian
Pengetahuan
Rumus penilaian :
Jumlah skor benar x 4 = …(nilai)
2) Penilaian
Sikap
Indikator:
1. Menunjukkan
perilaku penuh percaya diri pada saat proses pembelajaran.
2.
Menunjukkan perilaku santun pada saat proses pembelajaran.
Skor untuk setiap aspek yang diamati:
1
jika berperilaku kurang percaya diri dan atau kurang santun
2
jika berperilaku cukup percaya diri dan atau cukup santun
3
jika berperilaku percaya diri dan atau santun
4
jika berperilaku sangat percaya diri dan atau sangat santun
No. |
Nama Peserta didik |
Percaya Diri |
Santun |
Jumlah Skor |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian sikap dilaksanakan dengan observasi dan
dengan menggunakan rumus berikut:
NILAI = JUMLAH
PEROLEHAN SKOR X 100
4
dengan
predikat:
PREDIKAT |
NILAI |
Sangat Baik ( SB) |
80 ≤ AB ≤ 100 |
Baik (B) |
70 ≤ B ≤ 79 |
Cukup (C) |
60 ≤ C ≤ 69 |
Kurang (K) |
<60 |
Mengetahui
Yogyakarta,
Dosen Pendamping
Lapangan
Guru Praktik
Prof. Dr. Drs. Sulis Triyono,
M.Pd Riska
Dewinta
NIP. 195805061986011001
NIM. 17203241004
Komentar
Posting Komentar